Conjunction (Kata Penghubung) pada Grammar Bahasa Inggris



Dalam kaedah bahasa Inggris , kata penghubung ( conjunction) terdiri atas dua bagian , yaitu kata penghubung setara ( coordinating conjunctuion) serta kata penghubung bawahan (subordinating conjunction) . Kata penghubung setara atau terdiri atas

 and (dan) ,
 but (tetapi) ,
 both...and (kedua-duanya ...dan) ,
or  (atau) ,
either ..or  (yang ini..atau) ,
 neither...nor (tidak yang ini..maupun)

sementara kata penghubung bawahan terdiri atas : 

if (jika)

that (bahwa)
though/althought ( walaupun)
when ( ketika)

Kata penghubung setara and  berfungsi untuk menghubungkan dua macam hal yang dianggap sama atau dilakukakn pada waktu yang bersamaan. Misalnya :
He can paly tennis and football  (dia bisa bermain dan sepak bola)
But, menyatakan bahwa hal kedua bernada negatif atau lawan dari hal pertama, contohnya : 



She is intelligent but lazy  (Dia sebenarnya cerdas namun pemalas )
Both..and,  menjelaskan bahwa kedua hal yang tengah dibicarakan sama-sama memiliki predikat atau melakukan tindakan yang serupa , misalnya : 



Both Annie and Tom goes to School on foot (Annie dan Tom kedua-duanya berangkat sekolah dengan berjalan kaki)

Not only ..but also  memperlihatkan hal kedua yang ternyata dimasukan dalam kategori yang sama dengan yang pertama . Contohnya :

Not only men but also women can participate in the competition (Bukan hanya laki-laki , perempuan pun dapat ikut serta dalam perlombaan tersebut) .

Kata penghubung bawahan though/although (walaupun ) termasuk dalam kata penghbung yang menyatakan pertentangan (contrast) . Selain though/although, terdapat pula even though/ even if , while dan whilst.
Though /although dipergunakan saat terjadi pertentangan yang sangat besar di antara klausa utama dengan klausa bawahan ini. Misalnya :
Although those boys have stolen her monye, she still thinks them as her friends ( walaupun anak laki-laki itu telah mencuri uangnya dia masih menganggap mereka sebagai teman)

Kalimat tersebut pun dapat diungkapkan dengan cara lain menggunakan despite the fact that/in spite of the fact that  serta despite/in spite of+verb1 + -ing . contohnya : 


Despite of the fact that they have stolen her money , she still thinks them as her friends = in spite of they stealing her money  , she still thinks them as her friends.

Untuk catatan bahwa though  dapat dipergunakan di akhir kalimat, sedangkan eventhough tidak bisa . Although sifatnya lebih formal daripada though . Oleh karena itu, penggunaaan although lebih umum dan lebih sopan dari pada though

Even though  dipergunakan untuk menjelaskan bahwa “walaupun (subjek pembicara mengetahui bahwa...) tidak dapat ..., namun...”, sedangkan even if mengacu pada “(Subjek pembicara tidak peduli atau tidak tahu) apakah...dapat melakukan ..atau tidak Misalnya :

Even though Ellen cannot speak Latin , I think she loves to learn Roman culture very much 

(Meskipun Ellen tidak bisa berbicara bahasa latin, saya pikir dia sangat senang mempelajari budaya Romawi)

Dan Contoh dari Even if : 


Even if Ellen does not speak Latin , I think she should learn the Roman culture ( terlepas dari dia sangat senang  kemampuan Ellen berbahasa latin , saya pikir dia sebaiknya mempelajari kebudayaan Romawi) .

Selanjutnya , while  dan whilst  dalam pengertian formal memiliki makna yang sama dengan although , Perbedaanya adalah bahwa klausa while /whilst  ditempatkan sebelum atau bersama-sama dengan klausa utama .Contohnya :
 While there is no evidence of it , we were all surprised thathe passedd the examination

(Walaupun tak ada bukti tentang hal itu , kami semua terkejut mengetahui bahwa dia lulus ujian ) . Whilst  digunakan dalam kalimat sehari-hari maka while  lebih sering digunakan .


When  dipergunakan ketika suatu tindakan atau kegiatan yang terjadi saat tindakan atau kegiatan pertama pada kurun waktu tertentu . Misalnya :
When he pressed  the button , the lift stopped (ketika dia menekan tombol, lift itu berhenti ) .
Selain when ,  ada beberapa penanda waktu lain yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa , yaitu as  dan while . As  digunakan ketika tindakan atau kegiatan kedua terjadi sebelum tindakan atau kegiatan pertama selesai .
Contohnya :
As I left  the house , I remembered the key  ( Segera setelah saya meninggalkan rumah, saya teringat kunci yang masih tertinggal ).

Sedangkan while mengemukakan tentang dua buah tindakan atau kegiatan yang sama-sama terjadi dalam kurun waktu tertentu . Misalnya :
 Mia is repairing her motorcycle while Bobby is sleeping in his room ( Mia tengah memperbaiki motornya sedangkan Bobby tengah tertidur dikamarnya )

Selain kata-kata penghubung diatas , dalam bahasa Inggris pun terdapat kata penghubung yang menjelaskan alasan (Giving reasons) , seperti kata as, because, for , dan with . As dan Because (serta since , seeing as , dan seeing that )  digunakan untuk memperlihatkan alasan bagi situasi khusus.
Contohnya : As it was getting dark, I should go back home (Karena telah hampir gelap , saya sebaiknya pulang kerumah )
Dan We cannot  wear the glasses because our brother hide them somewhere ( Kami tidak dapat memakai kacamata itu karena saudara laki-laki kami menyembunyikannya di suatu tempat ) . For dan with  biasanya diikuti oleh frasa kata benda . For  bermakna sebagai akibat atas dan  with  berarti  “Sebagai akibat keberadaan . hal tersebut , Misalnya : 



He is looking all the better for his stay in hospital ( Dia terlihat lebih sehat karena dirawat inap di rumah sakit )  dan with so many people ill, I decide to cancel meeting ( Dikarenakaan banyaknya orang tidak hadir karena sakit , say aputuskan untuk menunda pertemuan tersebut,

Untuk If dan that  akan dibahasa secara khusus dipost selanjutnya 



0 komentar "Conjunction (Kata Penghubung) pada Grammar Bahasa Inggris", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment