7 Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Kalian



Pada tips kali ini , tutorialbahasa.blogspot.com akan mencoba berbagi tips bagi kita semua yang ingin belajar bahasa Inggris, khususnya yang masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara Aktif . Inti utama dari belajar bahasa yaitu mampu berkomunikasi dengan native speaker yang mempelajari bahasa tersebut. Berbagai metode dan strategi dilakukan oleh para pelajar dengan harapan agar mampu menguasai Bahasa Inggris lebih cepat dan efektif. Untuk kalian yang masih pemula dalam belajar bahasa Inggris , ketahuilah bahwa baik atau tidaknya suatu metode yang kalian pakai akan berpengaruh pada durasi kalian dalam menguasai Bahasa Inggris. Untuk itu ada beberapa tips yang mugkin bermanfaat bagi kalian pelajar bahasa Inggris.

1. Selalu belajar dan Mengulang Frase kalimat , bukan huruf Individual

Jika kalian menemukan sebuah kosakata baru , selalu tulis beserta frase kalimat yang ada didalamnya . Ketika kalian hendak mengulangi kembali, selalui tinjau semua frase tidak kata . Kumpulkan frasa (kalimat ) , maka kemampuan bicara dan grammar kalian akan meningkat 4-5 kali lebih cepat . Penelitian dari Dr. James Asher membuktikan bahwa belajar dengan memahami frasa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris 4-5 lebih cepat dibanding memahami per kata . Untuk itu Stop studying English words ,

2. Hentikan Belajar  Grammar sekarang

Silahkan letak buku grammar kalian , saat ini kalian diharapkan bisa berbicara Bahasa Inggris tanpa berfikir lagi , bukan Berbicara sambil banyak berfikir . Kenapa saya katakan , apakah belajar Grammar itu dilarang ? . Saya katakan grammar itu penting , tapi tidak sekarang. Bagi kalian yang pemula grammar mungkin akan didalami ketika kalian benar-benar mencapai level tertentu. Karena jika kalian langsung belajar aturan rumit dari Grammar , itu dapat menghilangkan kepercayaan diri kalian untuk berbicara Bahasa Inggris karena selalu takut salah dan salah, so..Stop Studying Grammar


3. Mendengar...Mendengar...dan Mendengar

Kalian harus mendengar untuk dapat memahami Bahasa Inggris, kalian harus senantiasa mendengar Bahasa Inggris setiap hari , jangan selalu membaca buku teks. Mendengar untuk Belajar Bahasa Inggris, Mengapa ?
Konsepnya sederhana,  kunci untuk Kesuksesan belajar bahasa Inggris kalian adalah Perbanyak Mendengar , Hentikan buku Bacaan  karena  lebih efektif Learn With Your Ears, Not your Eyes

Pada kebanyakan sekolah , kita belajar didominasi oleh Buku teks . Belajar dengan mata , Jika kalian membaca buku tanpa mendengar maka akan memperumit kalian karena diIkuti grammar secara tidak langsung, maka tidak heran bertahun-tahun belajar , kemampuan siswa tidak meningkat secara significant . Nah..Dengan mendengar 1-3 Jam setiap hari, maka bahasa Inggris kalian akan meningkat dengan mudah. Saat ini banyak modul listening yang bisa kita unduh di Internet dan bukan satu alasan akan kesulitan listening pada Bahasa Inggris, 


4. Jangan Tergesa-gesa, Efektifitas Belajar harus diutamakan

Banyak orang terlalu tergesa-gesa dalam belajar bahasa Inggris, menghafal ratusan kata perhari atau banyak kata dalam waktu singkat , Cara belajar seperti itu terlalu cepat dan dangkal. Dan kita akan secara cepat melupakan banyak kosa kata , akan banyak kosa kata yang tidak gunakan disitu. 
Rahasia untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah yaitu belajar setiap kata dan Frase secara mendalam . tidak hanya cukup mengetahui definisi dasar saja , namun harus meletakkan setiap kata secara mendalam di fikiran kita . Untuk bicara bahasa , kalian harus mengulangi setiap pelajar berkali-kali. Review..review and Don't be haste


5. Gunakan Sudut pandang Cerita

Kalian harus belajar grammar dengan mendengarkan English yang real . Cara terbaik untuk belajar  mendengar dengan memanfaatkan cerita,  adalah menceritakan kembali dalam konsep waktu yang berbeda (sudut Pandang cerita) yang berisi : Past Perfect , Present dan Future
Bagaimana kalian melakukannya? Gampang! cari sebuah cerita atau article dalam bentuk present tense kemudian mintalah kepada guru atau teman yang lebih mengerti untuk menulis ulang cerita atau artikel tersebut dalam bentuk Past , Perfect tense atau Future . Akhirnya, mintalah dia untuk membaca dan merekam cerita ini untuk untukmu. 
Kemudian kalian bisa mendengar cerita ini dengan banyak perbedaan pada macam-macam dari grammar . Kalian tidak butuh secara rumit aturan-aturan grammar di buku teks . Hanya mendengar dan membuat sudut pandang cerita , maka kalian akan meningkakan grammar secara otomatis. 


6.  Gunakan Materi yang realistis 

Banyak kita hanya belajar dari buku dari sekolah dan buku bacaaan yang kita gunakan, Ingatlah ..kalian  tidak belajar Bahasa Inggris yang nyata, namun hanya buku Teks Bahasa Inggris. Ketika ingin berkomunikasi dengan lancar kita harus menggunakan istilah, kata-kata popular dan kalimat-kalimat casual yang tidak ditemukan di buku sekolah. 

Kalian belajar Bahasa Inggris yang nyata jika kalian mau memahami penutur asli bicara dan berbicara secara lancar kepada mereka, gunakan majalah yang real ,artikel , audio , TV shows , film , radio , talkshow dan audio book. untuk itu Listen only to real English..


7. Dengarkan dan Jawab , bukan mendengarkan dan Ulangi

Banyak CD berbahasa Inggris menggunakan "listen and repeat" , dengar dan ulangi, kemudian pembicara mengatakan sesuatu dalam bahasa Inggris dan kalian mengulangi dengan tepat apa yang ia katakan .cara seperti ini masih kurang efektif 

cari materi dan  pelajaran Bahasa Inggris dengan thema Mini-Story , pembicara dalam CD menceritakan cerita singkat , kemudian dia juga menanyakan banyak pertanyaan mudah. Setiap kali  kalian mendengar sebuah pertanyaan , kalian maka kalian akan mempause dan menjawabnya. 
maka kalian akan belajar menjawab pertanyaan dengan cepat, tanpa berfikir, Bahasa Inggris akan meningkat secara otomatis.

Bagaimana kalian menggunakan Dengar dan Jawab cerita ? gampang! cari tutor atau teman yang lebih faham berbahasa Inggris , mintalah iya menggunakan metode ini . Mintakan ia menceritakan sebuah cerita dan secara teratur mintakan untuk menanyakan pertanyaan mudah tentang cerita itu , ini akan mengajari kalian berfikir cepat dalam berkomunikasi Bahasa Inggris. 



Dengan mengikuti tips diatas, maka bahasa Inggris kalian akan lebih mudah untuk di Tingkatkan dari pada belajar bahasa Inggris dengan cara biasa , semoga Artikel ini bermanfaat. 














1 komentar: